Siasat Aneh Setya Novanto

KPK tidak boleh ragu memanggil lagi Ketua DPR Setya Novanto. Komisi harus menjemput paksa jika ia tetap mangkir pada pemanggilan ketiga. Izin dari presiden tidak diperlukan karena pemeriksaan Setya berkaitan dengan kasus korupsi.

Setya Novanto tak memenuhi panggilan KPK pada Senin lalu. Ia sedianya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Anang Sugiana Sudiharjo (Direktur Utama PT Quadra Solution) dalam kasus korupsi proyek kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP). Lewat surat, pejabat Sekretariat Jenderal DPR menjelaskan alasan ketidakhadiran Setya, yakni panggilan KPK tidak disertai izin tertulis dari Presiden Joko Widodo.

Alasan itu amat mengada-ada. Dasar hukum yang menjadi rujukan, yakni putusan Mahkamah Konstitusi pada 2014, tidak relevan karena kasus korupsi termasuk tindak pidana khusus.
Alasan dari pengacara Setya Novanto bahwa ayat yang memuat perkecualian itu otomatis mengikuti ayat yang direvisi MK sungguh tidak masuk akal. Mahkamah jelas tidak mengoreksi sama sekali ketentuan perkecualian itu. Komisi antikorupsi bisa mengabaikan alasan pihak Setya dan tak perlu ragu untuk memanggilnya lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *