KEMDAGRI : DANA UNTUK PARPOL DKI TERLALU TINGGI

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono, meminta pemerintah DKI Jakarta menurunkan nilai bantuan keuangan untuk partai politik yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018. “Itu menjadi sorotan kami,” kata dia, kemarin.

Anggaran bantuan keuangan untuk partai politik dalam APBD 2018 nilainya Rp 17,7 miliar. Angka itu naik dari alokasi dalam Rancangan APBD yang hanya Rp 1,8 miliar.
Sumarsono menilai peningkatan hampir sepuluh kali lipat itu terlalu tinggi. Di tingkat pemerintah pusat, Surat Kementerian Keuangan Nomor 277 pada akhir Maret lalu mengusulkan kenaikan bantuan keuangan untuk partai politik di Dewan Perwakilan Rakyat dari Rp 108 menjadi Rp 1.000 per suara sah pada APBN 2018. “Kenaikan di Jakarta menjadi Rp 4.000 itu berlebihan,” ujar Sumarsono.

Gubernur Anies belum bersedia menjelaskan pertimbangan untuk menaikkan bantuan keuangan partai itu. Ia juga menolak menanggapi pernyataan Sumarsono yang menyebut kenaikan tersebut terlalu tinggi. Dua kali ditanya, Anies tetap menjawab, “Saya tidak komentar dulu soal itu.” Adapun Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mempersilakan Kementerian mengevaluasi kenaikan tersebut. “Saya serahkan ke Mendagri, silakan saja diputuskan,” kata Sandiaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *